Minggu, 29 Maret 2009

JALan Tour

Jumat kemaren aku ke ex kantor aku buat ambil surat referensi yang harusnya sudah diselesaikan setelah aku terakhir bekerja disana. Tapi kenyataannya baru kemaren selesai setelah hamper 2 bulan.. Brangkat jam 11 dari rumah, rencana sich naik busway aja.. abis klo bawa mobil ntar jadi pusing sendiri… macetnya itu lho yang nggak tahan. Sampai sana sekitar jam 11.45an. Langsung ketemu HRDnya dan langsung dikasih surat referensi. Permasalahannya adalah ketika HRD aku ngajak ke finance buat ambil RINGI.. Itu adalah uang pisah yang ternyata blakangan baru disepakati awal Maret. Besarnya uang tersebut satu juta rupiah..
Nggak tau knapa perasaan jadi ngerasa tambah ‘ngenyek’ aja ni perusahaan..Knapa begitu? Gini Critanya ; Gw dah kerja hampir selama 5 tahun sebagai pegawai kontrak yang tiap bulan Desember deg2an bakalan diperpanjang apa nggak…. kebetulan pertengahan tahun 2007 bosnya ganti, sebut aja ‘KS’ orang Jepang asli yang perangainya paling beda sama Jepang2 sebelumnya… pas aku masih di Finance banyak perubahan yang sudah dia buat yang sebenarnya agak mengganggu bawahannya. Banyak staff yang pindah posisi, ( karena dia buat departemen baru yaitu sales ). Jadinya banyak kerjaan baru, kayak bikin report tiap minggu, nyari report tahun2 sebelumnya, brapa orang yang ke Jepang dll… dan dia mau bikin travel yang sekarang ini jadi travel khusus ke Jepang.
Nah pas mulai kepimpinan dia, akhir tahun 2007 dia bikin semacam wawancara untuk mengenal staffnya lebih dekat. Kemudian dia baru tahu klo saya ternyata sudah menikah dan lulusan tekhnik Informatika. Jadilah dia di awal tahun 2008 pas saya dikontrak untuk ketiga kalinya nggak berapa lama saya pindah departemen ke bag sales sekaligus memaintain website ‘JL’ yang baru…
Awal kepindahan saya belum menemui kendala, mungkin hanya bahasa inggris saya saja yang kurang memadai di tambah bahasa inggris dia yang logat jepangnya kentel banget. Pas ditengah2 pembuatan website, dia selalu mengurusi gambar mana saja yang bagus ditaruh di website, dan nyari gambar yang KLIK di dia itu nggak gampang.. bahkan dia bisa lupa klo ternyata paginya dia sudah setuju dan pas sorenya dia liat lagi dia udah nggak suka sama gambar yang udah disetujui pagi tadi. Aneh kan? Wah … mulai saat itu gw harus minta paraf dia klo dia udah OK, dan website molor tayang itu karena dia slalu berubah2….
Nggak berapa lama di sales, akhirnya aku di pindahkan ke bag tour counter yang mengurusi tentang orang yang mo’ tour ke Jepang sambil masih me maintain website yang harus update.. cuman 2 bulan aja aku di counter lalu aku dipindahkan ke bag Hotel yang letaknya dibelakang tour counter. Tempat ini enak banget karena menghadap taman samping gedung. Klo nggak salah aku pindah bulan Juni, sampai akhirnya bulan Desember Saba dan Reza resign tinggal aku bedua fara.. Trus ada keputusan lagi dari management bahwa fara akan dipindahkan ke counter depan. Jadilah aku dibelakang sendirian. Pas fara beberes barangnya, si bos ini nanya dalam bahasa Inggris “ What do you think, that operation dept still necessary? Of course still necessary b’ cause more easy for counter staff. Dan tau dia jawab apa? I DON’T THINK SO… trus udah aja dia pergi… Dan jawabannya baru aku tahu tanggal 12 January klo aku nggak di perpanjang karna keadaan yang tidak memungkinkan. Jepang sialan, harusnya waktu itu gw tau ya maksud dia itu apa. Memang kendala bahasa pas terakhir wawancara sama dia keliatan banget, apalagi pas aku ngisi quesionernya dalam bahasa Indonesia.. dan dia sangat menyalahkan aku atas tidak aktifnya aku dalam mengurusi website tersebut… yah sudahlah emang gw nya aja yang terlalu sabar, dan gw nyesel banget udah ngomong say thank you dan forgive me ke dia pas acara farewell party… NYESEL BANGET!!!!
Himbauan untuk para pekerja kontrak, klo lo ngerasa dah melakukan terbaik tapi ternyata nggak ada apresiasinya… tunjukkan klo lo tuch berhak ngga diem aja dan yang dah dikontrak lama, nggak ada kata sabar dech… ntar nyesel kayak gw.. nyesel karna pas keluar gw nggak numpahin uneg2 gw ke dia.
Pas kemaren ketemu sekretarisnya, gw bilang “ Apaan nih satu juta, mo ngeyek gw ya? Kan ada di peraturan perusahaan klo sudah lebih dari 3 tahun dapat 2 kali gaji, dan dia bilang peraturan itu dibuat untuk pegawai tetap… Masya Allah jadi emang gw nggak dianggep di perusahaan ya?.. sial banget… trus dia bilang “ Knapa waktu itu nggak nanya knapa saya nggak di perpanjang, kan bisa aja berubah pikiran, trus gw jawab… “ ok taruhlah setelah gw debat panjang sama dia yang akhirnya merubah keputusannya klo aku jadi pegawai tetap, pasti ada perjanjian baru klo sudah diangkat pegawai tetap nggak boleh resign selama satu tahun…di tambah lagi hubungan yang nggak enak sama dia.. Sudah dipastikan dia akan request yang aneh2… siapa yang bisa jamin keadaan bakalan biasa aja… manager aja kadang masih suka gemes ma kelakuan dia..
Sebelumnya aku makan2 bareng reni, winda, ruth, reren, mbak math, mbak desmi, mbak dewi, wulan. Qta makan di sipon semacam chinese food gitu. seru dech rame banget....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar